Jurnal pengaturan berat badan pada atlet

Pada periode persiapan di pemusatan latihan, periode pertandingan maupun periode pemulihan makan pada atlet harus diatur sedemikian rupa sehingga mampu meningkatkan kondisi fisik. Makanan yang memenuhi gizi seimbang memegang peranan penting untuk atlet yang ingin berprestasi maksimal dalam suatu pertandingan.

Protein dapat berfungsi sebagai sumber energi apabila karbohidrat yang dikonsumsi tidak mencukupi seperti pada waktu berdiet ketat atau pada waktu latihan fisik intensif. Mereka menginginkan kadar lemak tubuh yang lebih rendah dari biasanya. Sebaiknya perencanaan kebiasaan makan yang baru cocok dengan gaya hidup serta menggunakan bahan makanan yang tersedia di sekitarnya.

PENGATURAN MAKAN PADA ATLET

Zaenal Abidin, Internist dan dr. Hal tersebut mengakibatkan digunakannya berbagai tehnik yang drastis seperti dehidrasi jurnal pengaturan berat badan pada atlet sauna atau pakaian dari plastik, puasa, penggunaan obat diuretik dan pencahar. Pada beberapa kasus, lebih baik terjadi penurunan lemak tubuh pada atlet tetapi BB naik dengan meningkatnya massa otot.

Mempelajari jumlah atau besar porsi makanan yang tepat untuk setiap atlet harus direncanakan. Pada olahraga endurance sangat penting diperhatikan adalah mengganti keringat yang terbuang akan semakin banyak apabila pertandingan olahraga endurance dilaksanakan pada lingkungan sangat panas.

Mereka menginginkan kadar lemak tubuh yang lebih rendah dari biasanya.

B. Kebutuhan Energi

Kelebihan BB terjadi akibat pola makan dan minum yang tidak sesuai pada masa tersebut. Namun yang paling sederhana dan praktis adalah menggunakan skinfold caliper untuk mengukur jumlah lemak di bawah kulit pada beberapa tempat.

Kontrasepsi oral dapat mengurangi cadangan vitamin Bl, B2, B6, asam folat dan vitamin C. Pembatasan kalori lebih banyak, selain membutuhkan penyesuaian metabolik juga menyulitkan dalam memenuhi kebutuhan zat gizi yang lain.

Pendahuluan Tercapainya keberhasilan pembangunan terletak pada tersedianya manusia Indonesia yang berkualitas tinggi. Kelebihan BB terjadi akibat pola makan dan minum yang tidak sesuai pada masa tersebut. Vitamin dan mineral: Pemberian suplemen makanan karbohidrat bisa berupa cairan ataupun padat tergantung kesukaan atlet dan jenis olahraganya.

Akibatnya latihan yang intensif, pemberian nutrisi yang adekuat merupakan bagian yang terpenting dalam menunjang prestasi atlet 2 Pengetahuan gizi khususnya tentang pengaturan makanan untuk atlet sangat bermanfaat, karena memberikan beberapa keuntungan bagi atlet tersebut antara lain: Tehnik ini mungkin efektif namun atlet akan kehilangan cairan tubuh, simpanan glikogen otot, sehingga status kesehatan dan penampilan atlet terganggu.

Mekanisme Penyediaan Dan Penggunaan Karbohidrat Selama Latihan Produksi adenosine triphosphate ATP selama kerja otot yang intensif tergantung dari ketersediaan glikogen otot dan glukosa darah.

Untuk asupan karbohidrat hendaknya pilih karbohidrat kompleks pati dan disacarida. Gunakan cara penurunan lemak secara bertahap sebelum pertandingan berlangsung. Asupan lemak yang rendah penting untuk menghasilkan lemak tubuh yang rendah.

Tujuan utama pemberian makanan pada atlet sebelum pertandingan adalah untuk mempersiapkan atlet agar mendapatkan energi yang adequat dan hidrasi yang optimal. Ada berbagai tehnik untuk menentukan kadar lemak tubuh.

Namun persamaan tersebut juga masih meragukan apakah benar-benar dapat mengukur hubungan antara lemak skinfold dengan total lemak tubuh. Diposting oleh. Ada berbagai tehnik untuk menentukan kadar lemak tubuh.

Oleh karena itu kadar lemak tubuh yang rendah berarti berat badan yang dibawa semakin ringan.

Kepelatihan Olahraga

Burke Louis, Vichi Deakin. Indeks massa tubuh merupakan pembagian berat badan dalam kg oleh tinggi badan dalam satuan meter dikwadratkan. Mekanisme Keseimbangan Cairan Tubuh2.

Penentuan kebuhan gizi; besarnya kebutuhan energi tergantung dari 3 area yang dikeluarkan yaitu basal metabolisme rate BMRaktivitas fisik dan spesifik dynamic action SDA b. Tabel 3. Makanlah makanan yang kadar lemaknya rendah, karena proses pencenaan lemak membutuhkan waktu lama.

Pada beberapa kasus, lebih baik terjadi penurunan lemak tubuh pada atlet tetapi BB naik dengan meningkatnya massa otot. Atlet dengan lean body mass yang meningkat mungkin mempunyai kadar lemak yang rendah, namun IMTnya melebihi batas yang dianjurkan.

ASUPAN BAHAN MAKANAN DAN GIZI BAGI ATLET RENANG

Minuman yang diberikan kepada atlit hendaknya dengan interval waktu tertentu agar atlit tidak kenyang dengan air saja, dengan ini kesempatan makanan untuk masuk kedalam tubuh ada demi mengganti gizi yang telah terpakai saat bertanding.

Kesehatan dan penampilan atlet dapat terpengaruh jika kebutuhan zat gizi ini tidak terpenuhi. Gizi merupakan komponen penting dalam program latihan olahraga.

Waktu konsumsi karbohidrat Kegagalan mengkonsumsi makanan sumber karbohidrat segera pada tahap pemulihan akan menghambat penyimpanan glikogen. Langkah 1 Tentukan status gizi atlet dengan menggunakan indeks massa tubuh IMT dan presentase lemak tubuh.

Vitamin dan mineral mempunyai peran dalam meningkatkan kemampuan fisik atlet terutama pada saat latihan dan pertandingan 4.Makalah ini berisi beberapa informasi tentang bagaimana pengaturan gizi makanan seorang atlet semoga dengan adanya makalah ini dapat menambahkan pengetahuan pembaca tentang pengaturan makan dan supply gizi atlet.

Dehidrasi akan lebih parah bila atlit bertanding pada cuaca panas. dehidrasi dapat terjadi pada atlit dengan klasifikasi berat bedan terutama yang menurunkan berat Author: Ghazali Indra Putra.

pengaturan Berat Badan Pada Atlet Atlet yang kegemukan dan pelatih sering rawan terhadap ide yang salah mengenai penurunan berat badan (BB) dan diet seperti sebagian besar masyarakat. Penurunan BB yang tidak wajar menyebabkan hilangnya jaringan otot (“Lean tissue”) yang akan menurunkan penampilan atlet.

Bila Atlet mengubah asupan makanan untuk meningkatkan LMB, maka pasti akan terjadi peningkatan lemak tubuh, sekalipun disertai dengan latihan berat peningk atan BB = kg/minggu,pada kebanyakan Atlet akan menyebabkan terjadinya penimbunan lemak. · Atlet harus melakukan penimbangan badan setiap hari untuk mengetahui keadaan berat badan.

Periode pemulihan termasuk waktu diantara 2 pertandingan misalnya pukul pagi atlet mengikuti renang 50 m gaya bebas, kemudian pada pukul. Atlet harus melakukan penimbangan badan setiap hari untuk mengetahui keadaan berat badan. Periode pemulihan termasuk waktu diantara 2 pertandingan misalnya pukul pagi atlet mengikuti renang 50 m gaya bebas, kemudian pada pukul mengikuti renang m gaya kupu-kupu.

Selama istirahat tersebut perlu memenuhi zat gizi yang telah dipakai selama bertanding khususnya masalah .

Jurnal pengaturan berat badan pada atlet
Rated 4/5 based on 44 review