Makanan berserat

Namun, jika dikonsumsi terlalu banyak bisa menyebabkan kegemukan. Kacang ini juga bermanfaat mencegah osteoporosis dan kanker lho. Brokoli dapat mencegah kanker dan juga mengandung banyak serat. Selain itu, jambu biji merah mengandung serat tinggi dengan kadar 7,3 gram per gram bahan.

Daftar Makanan yang Mengandung Serat Tinggi

Selain itu, beberapa jenis makanan berserat tinggi juga bisa difermentasi di usus besar kita lho sehingga membuat usus kita lebih sehat. Apel mengandung serat yang larut dalam air, asam organik, dan kalium. Wortel adalah sayuran yang berasal dari akar tumbuhan yang mengandung banyak vitamin, mineral, dan serat.

Selain gampang ditemukan di supermarket dalam bentuk kemasan yang beku, kacang edamame rebus dan berbumbu atau ramen bercampur kacang edamame juga gampang kita temukan di restoran Jepang lho. Kacang edamame Kacang yang terkenal di Jepang ini sebenarnya merupakan kacang kedelai yang belum matang lho.

Buktinya, serat yang ada di dalam gram wortel sebanyak 3,4 gram serat. Klik untuk berbagi di BBM Membuka di jendela yang baru Mungkin Anda sudah tahu jika serat sangat dibutuhkan oleh tubuh, terutama untuk fungsi pencernaan.

Jadi, yuk rajin makan makanan berserat tinggi supaya kita makin sehat.

Supaya Sehat, Yuk Makan 15 Makanan Berserat Tinggi Ini!

Serat bisa membantu tubuh kita lebih lambat dalam mengosongkan lambung sehingga bikin penyerapan gula oleh tubuh juga lebih lambat. Beras jenis ini mempunyai 3,5 gram serat per satu gelas beras merah. Contohnya, dalam gram raspberri terdapat 6,5 gram serat. Nggak heran karena biji chia memiliki kandungan serat yang tinggi banget — 34 gram per ons!

Pir hijau termasuk jenis buah yang banyak mengandung serat dengan kadar 2,3 gram per gram bahan.

Sebuah apel berukuran biasa mengandung sekitar 4,4 gram serat. Pada sekitar setengah cangkir biji jagung, mengandung 2 gram makanan berserat. Beberapa manfaat pisang untuk kesehatan antara lain, mengurangi kadar asam dalam lambung, mengobati gangguan pada lambung, menurunkan kadar kolesterol, mengobati penyakit jantung dan stroke, mengatasi demammengatasi alergidan menurunkan tekanan darah.

Brokoli Kita semua tahu bahwa brokoli sangat baik untuk kesehatan. Ini karena serat bisa mengikat kolesterol yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan sehingga nggak diserap oleh tubuh, tapi dibuang melalui sistem pencernaan kita ketika buang air. Anda akan mendapatkan sekitar 5,1 gram dalam secangkir brokoli rebus.

Otak Butuh Nutrisi! Supaya kandungan serat yang tingginya nggak bikin perut terasa terlalu penuh, sebaiknya brokoli yang kita konsumsi udah direbus sebelum diolah ya.

Dalam gram kentang terdapat 3 gram serat. Kandungan serat di dalamnya selain dapat menyehatkan pencernaan, juga mampu membuat Anda merasa cepat kenyang. Sedangkan anjuran konsumsi serat untuk dewasa per hari adalah gram. Tapi, makanan yang populer dimakan dengan cara direbus ini bernutrisi banget lho.

Kentang Kentang merupakan makanan yang mengandung serat cukup tinggi. · Makanan Berserat Tinggi - Daftar Makanan Berserat Tinggi 1. Makanan berserat tinggi selain dapat menghindarkan anda dari sembelit juga membuat anda terasa kenyang lebih lama 2.

Makanan olahan Author: Nur Nisfu Any. Makanan berserat tinggi bisa menjaga kadar gula darah kamu supaya nggak terlalu tinggi lho. Serat bisa membantu tubuh kita lebih lambat dalam mengosongkan lambung sehingga bikin penyerapan gula oleh tubuh juga lebih lambat.

Jadi, nggak perlu takut dengan makanan manis kalau kita sering makan makanan berserat tinggi juga. Sebagian besar orang mengerti bahwa mereka membutuhkan makanan berserat, namun tidak banyak orang yang sepenuhnya tahu makanan mana yang kaya akan serat dan mana yang tidak.

Serat secara alami ada pada tanaman. Ada dua jenis serat yaitu serat larut air dan yang tidak larut air. Makanan berserat adalah makanan yang tidak bisa dicerna atau diserap oleh tubuh. Karena sifatnya yang tidak dapat dicerna oleh sistem pencernaan tubuh, serat makanan ini tidak akan menghasilkan energi atau kalori bagi tubuh.

Dengan gerakan peristaltik usus, serat yang masih merupakan jenis karbohidrat ini akan dibawa oleh usus halus menuju usus besar untuk selanjutnya dibuang.

Author: Efran Syah. Makanan berserat penting untuk pencernaan, manajemen berat badan, pengaturan gula darah, perawatan kolesterol dan banyak lagi, menurut Paige Smathers, seorang ahli diet berbasis di Utah. Ini juga telah dikaitkan dengan panjang umur dan mengurangi risiko kanker.

Makanan berserat
Rated 5/5 based on 52 review