Patofisiologi obesitas resistensi leptin

Peningkatan aktivitas saraf simpatis berperan penting dalam terjadinya hipertensi pada obesitas. Hiperinsulinemia yang disebabkan resistensi insulin pada fase awal diabetes melitus tipe 2 menyebabkan peningkatan produksi amilin, yang kemudian mengendap sebagai amiloid di islet.

Juga kadang sering ditemukan kelainan kulit. Obesitas primer pada anak: Demikian pula sebaliknya bila kebutuhan energi lebih besar dari asupan energi, maka jaringan adiposa berkurang dan terjadi rangsangan pada orexigenic center di hipotalamus yang menyebabkan peningkatan nafsu makan.

Walaupun demikian, setelah akil balik, jumlah sel lemak tetap hampir sama sepanjang sisa kehidupan. Pada orang yang ,menjadi gemuk pasda usia pertengahan atau pada usia tua, sebagian besar obesitas disebabkan oleh hipertrofi dari sel lemak yang sudah ada, tanpa disertai perkembangan sel tambahan.

Mutasi leptin dan reseptor leptin telah ditemukan pada beberapa pasien obes. Pada suatu turunan tikus, lemak mudah disimpan dalam jaringan asdiposa, tetapi jumlah lipase peka hormon dalam jaringan asdiposa sangat berkurang, sehingga hanya sedikit lemak yang dapat dikeluarkan.

Namun pola sekresi insulin yang berdenyut dan osilatif lenyap, dan fase pertama sekresi insulin yang cepat yang dipicu oleh glukosa menurun. Obesitas meningkatkan faktor risiko kardiovaskuler, meningkatkan resistensi insulin dan dislipidemia.

Patofisiologi obesitas Pengaturan jumlah energi yang kita ambil dari makanan melibatkan beberapa jaringan dan mekanisme yang menghubungkan otak dengan usus.

Obesitas dan Tekanan Darah Prevalens overweight dan obesitas pada anak meningkat dalam tiga dekade terakhir. Namun pada akhirnya kapasitas pankreas untuk memproduksi insulin menurun dan menyebabkan tingginya kadar glukosa darah puasa dan turunnya toleransi glukosa3,7.

Patogenesis resistensi insulin saat ini berfokus pada defek sinyal PIkinase, yang menurunkan translokasi GLUT 4 pada membran plasma, diantara kelainan lainnya Penurunan kadar insulin meningkatkan kerja insulin dan sebaliknya, pemberian resistin rekombinan meningkatkan resistensi insulin pada hewan normal2,5, Kerja insulin dimulai ketika hormon tersebut terikat dengan sebuah reseptor glikoprotein yang spesifik pada permukaan sel target.

Fungsi endotel tersebut membaik setelah modifikasi diet dan olahraga dalam 6 minggu. Faktor Genetik Obesitas secara pasti terjadi secara familial. Molekul ini meliputi faktor nekrosis tumor TNFasam lemak, leptin, dan suatu faktor baru yang disebut resistin.

Insulin disintesis sebagai suatu prepohormon berat molekul sekitar Hal tersebut diharapkan dapat menunda pemberian terapi farmakologis.

Mekanisme resistensi leptin Sumber: Sel-sel lemak coklat kaya akan mitokondria dan menghasilkan lebih banyak panas serta lebih sedikit mengandung ATP dibandingkan sel-sel lemak putih. Golongan obat ini selain digunakan untuk menurunkan tekanan darah, juga digunakan pada payah jantung dan gangguan irama jantung.

Selain itu, asam lemak bebas dapat menginduksi apoptosis sel beta melalui respon stres endoplasma dan dengan menghambat ekspresi faktor anti-apoptosis Bcl-2 Tujuan terapi tersebut adalah menurunkan tekanan darah sampai dibawah persentil Namun pada perjalanan penyakit berikutnya, terjadi defisiensi absolut yang ringan sampai sedang, yang lebih ringan dibanding diabetes melitus tipe 1.

Saat ini telah ditemukan 6 varian dari OB-R. Children, obesity, and high blood pressure: Haynes WG, Reseptor leptin adalah suatu protein transmembran yang merupakan golongan reseptor sitokin. Sekresinya bersifat pulsatif dan berhubungan terbalik dengan kadar hidrokortison. Peningkatan pada salah satu faktor di atas yang tidak disertai dengan menurunnya salah satu faktor lainnya dapat menyebabkan terjadinya peningkatan tekanan darah.

Percobaan pada hewan menunjukkan pelepasan angiotensinogen jaringan adiposit ke sirkulasi darah berpengaruh pada pembentukan jaringan lemak intraabdominal dibandingkan dengan lokasi lain.

Leptin bekerja pada neuron2 didalam nukleus arkuatus hipothalamus dan mengeluarkan sinyal untuk menurunkan produksi neuropeptida Y NPY. Kombinasi diet dan olahraga memberikan hasil lebih baik dibandingkan dengan diet saja.

HIPERTENSI DAN OBESITAS PADA ANAK Bagian Ilmu Kesehatan ...

Orexin dan mediator lain yang diproduksi hipothalamus bekerja dalam mekanisme umpan balik sentral yang mengatur perilaku makan. Sorof J, Daniels S. Am Fam Physician. Disfungsi sel beta pankreas merupakan faktor risiko terpenting untuk terjadinya diabetes melitus tipe 2.Patofisiologi Obesitas Secara umum obesitas dapat disebabkan oleh ketidakseimbangan kalori, yang diakibatkan asupan energy yang jauh melebihi kebutuhan tubuh.

Pada bayi (infant), penumpukan lemak terjadi akibat pemberian makanan pendamping ASI yang terlalu dini, terutama apabila makanan tersebut memiliki kandungan karbohidrat, lemak, dan protein yang tinggi.

Dewasa ini masalah kegemukan (obesitas) merupakan masalah global yang melanda masyarakat dunia baik di negara maju maupun negara berkembang termasuk Indonesia. Perubahan gaya hidup termasuk kecenderungan mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi merupakan faktor yang mendukung terjadinya robadarocker.com: ALBADAN.

obesitas dalam patofisiologi DMDeskripsi lengkap Author: Fauzi Rahman. 2 downloads 12 Views KB Size. Report. robadarocker.com Recommend Documents. PATOFISIOLOGI OBESITAS. Full description. PATOFISIOLOGI OBESITAS.

BAB III Peran Obesitas Dalam Patofisiologi DM

Deskripsi lengkap. Patofisiologi Dm. Deskripsi lengkap. Patofisiologi Dm Tipe 2. DM tipe 2. patofisiologi tb pada dm. patfisDeskripsi lengkap. Bab II Obesitas Author: Fauzi Rahman. Wirkung Regen den Stoffwechsel an und verbessern das Hautbild nachhaltig.

Myoleptin CLA mg konjugierte Linolsäure 90 Softgels Über 5 Mio. Produkte · Unabhängige Kaufberatung · Der Große PREISVERGLEICHTypen: Top Smartphone und Tablet, Alles für die Haustiere, Kochen und Küchenhelfer.

Patofisiologi dan Diagnosis Obesitas Alwi Shahab Bagian Penyakit Dalam FK Unsri/RSMH Palembang I. Pendahuluan Obesitas didefinisikan sebagai suatu keadaan ketidakseimbangan antara asupan dan pengeluaran kalori sehingga menyebabkan kelebihan akumulasi lemak didalam tubuh.

Patofisiologi obesitas resistensi leptin
Rated 5/5 based on 58 review